Rabu, 17 April 2013

Isu Sosial Kota


Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan posting mengenai isu-isu atau permasalahan yang kerap kali terjadi di kota-kota.
Masalah yang terjadi di Indonesia berkaitan dengan masalah yang terjadi pada kota-kota besar di dunia. Seberapa besarkah perbedaan antara masalah perkembangan kota di dunia dengan yang ada di Indonesia. Ternyata, justru masalah yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia lebih kompleks dan lebih besar intensitasnya dari pandangan orang selama ini terhadap masalah urban internasional. Kasus perkotaan yang terjadi di Indonesia, secara umum, mirip dengan apa yang terjadi di dunia.
Mengenai pembahasan Isu Kota yang terjadi di Indonesia, kita jangan jauh-jauh mengambil contoh, kita lihat kota kita sendiri, Makassar.
Tata ruang kota Makassar apabila dibanding dengan kota  lain di Indonesia penataan kotanya tidak teratur. Kita lihat pemukiman berada dikawasan industri dan pabrik. Ini tentu saja dapat merugikan manusia yang berada di kawasan tersebut. Seperti pencemaran udara dari pabrik-pabrik, pencemaran tanah dan air dari limbah pabrik industri. Limbah tersebut sudah jelas merusak lingkungan sekitarnya sedikit maupun banyak zat berbahaya yang dikandung seperti Mercury, H2SO4, HCL, CO dan lain sebagainya. Hal ini tidak sesuai dengan tata kota yang semestinya berlaku.
Masalah lain yang melanda dikota Makassar adalah transportasi umum. Bisa kita bayangkan transportasi massal yang ada dikota makassar adalah mikrolet atau biasa disebut oleh masyarakat kota Makassar dengan nama pete-pete yang sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Selain dari lama waktu yang ditempuh dan polusi udara yang dikeluarkan, pete-pete juga biasa menguasai jalanan tanpa memperhatikan kendaraan lain disekitarnya (tidak taat peraturan).
Pemukiman dan perkampungan liar bertebaran sehingga merusak tata ruang kota Makassar.  Karena banyaknya pemukiman dan rumah-rumah yang tidak sesuai dengan prosedur tata ruang kota maka masalah-masalah lain akan muncul, seperti masalah sampah, irigasi, listrik dan lain-lain. Masalah sampah yang dimaksud adalah pembuangannya dilakukan di sembarang tempat utama yang berada dipinggir kanal di kota Makassar, mereka membuang sampah pada kanal irigasi air dan got/parit sehingga dapat menyebabkan limbah rumah tangga, pencemaran air dan udara, dan banjir.
 
Masalah-masalah yang kerap kali terjadi di Kota Makassar,
Kepadatan Penduduk

Banjir

Kriminalitas

Keterbatasan Lahan Hijau

Pemukiman Kumuh

Polusi Udara

Sampah

Kemacetan

Ketersediaan Air Bersih

            Masalah masalah yang terjadi di kota Makassar saling terkait satu dengan yang lain, dan masalah ini disebabkan oleh kita sendiri yaitu masyarakt kota Makassar, karena kita yang menyeabkan masalah-masalah tersebut marilah kita bersama menyelesaikan masalah ini bersama, sehingga kota Makassar kita ini dapat menjadi kota yang indah tanpa masalah dan menjadi kota yang nyaman bagi masyarakat dan orang yang berkunjung ke Makassar.
Wassalam...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar