Minggu, 07 April 2013

Manfaat Pancasila..??



Manfaat Pancasila.?
Ada lima kalimat di dalam Pancasila, dan masing-masing memiliki manfaat, menurut saya manfaatnya adalah;

1      Ketuhanan yg Maha Esa;
Dimana kita sebagai rakyat indonesia dapat menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan menjadi makhluk yang berakhlak sehingga kita senantiasa takut berbuat dosa dan selalu ingat kepada Tuhan yang Maha Esa

2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab;
Agar kita dapat mencerminkan kehidupan manusia yang saling berbagi, tidak saling egois dan melakukan segala hal dengan adil dan merata. Tidak hanya adil dan merata saja, tetapi juga dilandasi dengan adab sopan dan santun. Tidak semua orang  dapat berbuat adil, cepat atau lambat mereka pasti menyesuaikan diri dengan adab lingkungan sehingga dapat berbuat adil

3.      Persatuan Indonesia;
Agar kita tidak membedakan ras atau agama lain. Yang Islam bermain dengan non Islam. Tidak membeda-bedakan antara suku. Itu semua karna adanya sila persatuan indonesia yang tidak saling memilah atau memilih.

4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan, dalam permusyawaratan perwakilan;
Dimana kita diberi kebijaksanaan untuk bermusyawarah terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, dan tidak memaksakan kehendak orang lain. Contoh terkecil dalam suatu kelas ketika sedang mengadakan pemilihan ketua kelas.Kita bisa menyampaikan argumen atau pendapat yang kita punya.Dalam hal kecil itu kita sudah diajarkan secara tidak langsung oleh keadaan tentang bagaimana cara bermusyawarah secara bijaksana.

5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Dalam hal ini kita harus berbuat adil terhadap sesama tanpa membeda-bedakan antara satu dan lainnya. Miskin kaya, besar kecil, kita harus berlaku adil kepada mereka, tanpa membeda-bedakan status sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar