Rabu, 09 Oktober 2013

PEMBANGUNAN KOTA BERKELANJUTAN



Assalamu ‘Alaikum Wr.Wb............
Mmm,, Refresh pertama nih…
Cuma mau berbagi sedikit mengenai Kota Berkelanjutan, langsung saja kita mulai dari Definisi Pembangunan Kota Berkelanjutan…. Hhehe, (disingkat-singktkan saja gan, soalnya minggu lalu gak hadir, Insya Allah minggu depan lebih dimaksimalkan lagi).

Definisi Pembangunan Berkelanjutan
Pembangunan kota yang berkelanjutan adalah suatu proses dinamis yang berlangsung secara terus-menerus, merupakan respon terhadap tekanan perubahan ekonomi, lingkungan, dan sosial, dan budaya. Proses dan kebijakannya tidak sama pada setiap kota, tergantung pada kota-kotanya. Salah satu tantangan terbesar konsep tersebut saat ini adalah menciptakan keberlanjutan, termasuk didalamnya keberlanjutan sistem politik dan kelembagaan sampai pada strategi, program, dan kebijakan sehingga pembangunan kota yang berkelanjutan dapat terwujud menjadi kota yang baik dan nyaman bagi warga negaranya.

Perwujudan kota berkelanjutan ( The World Commision on Environment and Development, 1987) antara lain: 
  1. Kota berkelanjutan dibangun dengan kepedulian dan memperhatikan aset-aset lingkungan alam,memperhatikan penggunaan sumber daya, meminimalisasi dampak kegiatan terhadap alam. 
  2.  Kota berkelanjutan berada pada tatanan regional dan global, tidak peduli apakah besar atau kecil, tanggung jawabnya melewati batas-batas kota. 
  3.  Kota berkelanjutan meliputi areal yang lebih luas, dimana individu bertangguang jawab terhadap kota. 
  4.  Kota berkelanjutan memerlukan aset-aset lingkungan dan dampaknya terdistribusi secara lebih merata. 
  5.  Kota berkelanjutan adalah kota pengetahuan, kota bersama, kota dengan jaringan internasional. 
  6.  Kota berkelanjutan akan memperhatikan konservasi, memperkuat dan mengedepankan hal-hal yang  berkaitan dengan alam dan lingkungan 
  7.  Kota berkelanjutan saat ini lebih banyak kesempatan untuk memperkuat kualitas lingkungan skala lokal, regional, dan global.
Adapun beberapa pendapat mengenai pembangunan berkelanjuta, yaitu:
  • Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip "memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan" (menurut Brundtland Report dari PBB, 1987).
  • Pembangunan kota berkelanjutan merupakan suatu kota yang nyaman bagi penghuninya, dimana akses ekonomi dan sosial budaya terbuka luas bagi setiap warga  negaranya untuk memenuhi kebutuhan dasar maupun kebutuhan interaksisosial warganya serta kedekatan dengan lingkungannya.
 
dBerdasarkan konsep pembangunan berkelanjutan tersebut, maka indikator pembangunan berkelanjutan tidak akan terlepas dari aspek-aspek tersebut di atas, yaitu aspek ekonomi, ekologi/lingkungan, sosial, politik dan budaya. Sejalan dengan pemikiran tersebut, Djajadiningrat (2005) dalam buku Suistanable Future: Menggagas Warisan Peradaban bagi Anak Cucu, Seputar Pemikiran Surna Tjahja Djajadiningrat, menyatakan bahwa dalam pembangunan yang berkelanjutan terdapat aspek keberlanjutan yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Keberlanjutan Ekologis
  2. Keberlanjutan di Bidang Ekonomi
  3. Keberlanjutan Sosial Budaya
  4. Keberlanjutan Politik
  5.  Keberlanjutan Pertahanan Keamanan

Hal yang Penting Dalam Pembangunan Berkelanjutan
  • Proses pembangunan hendaknya berlangsung terus menerus
  • Lingkungan hidup memiliki keterbatasan
  • Semakin baik kualitas lingkungan maka semakin baik pula pengaruhnya terhadap kualitas hidup
  • Penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dilakukan sehemat mungkin dan dicari sumber daya alternatif lainnya
  • Pembangunan yang dilakukan memungkinkan meningkatkan kesejaheraan genarasi sekarang tanpa mengurangi kesejahteraan generasi y ang akan datang.
·            Ciri-ciri Pembangunan Berkelanjutan
           Menghargai keanekaragaman hayati
·         Menggunakan pendekatan integratif
·         Menggunakan pandangan jangka panjang

Yah, kurang lebih seperti itu lah…
Super singkat yaah….
Sekian dulu yah,,,,,,,,,,,(^_^)
Wassalam……………

Sumber :
  • Fahmyddin AT., ST., M.Arch.
  •  http://qushayalidrus.blogspot.com/2013/08/pembangunan-kota-berkelanjutan.html
  • http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/196202131990012-SRI_HAYATI/MK-EKOLOGI_DAN_LINGKUNGAN/PB.pdf 

1 komentar: